KKN 26 UTM Berikan Penyuluhan Kesehatan Kulit dan Kelamin


Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Kelompok 26 Universitas Trunojoyo Madura melakukan penyuluhan kesehatan kepada siswa siswi di SMPN 4 Torjun dan Ibu-Ibu PKK di Desa Bringin Nonggal, Rabu (17/07/2019). Dalam kesempatan tersebut, para mahasiswa mengundang Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Indiarsa Arief L, spKK untuk memberikan penyuluhan tentang penyakit skabies beserta penyakit khusus kulit dan kelamin yang sering menimpa warga sekitar. "Masalah penyakit kulit ini memang rentan terjadi di warga namun terkadang tidak terlalu dipikirkan, oleh sebab itu kita lakukan penyuluhan agar bisa mencegah dan mengantisipasi penyakit penyakit yang berkaitan dengan kulit dan kelamin," ucap Kordinator Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Ririn Dian Fentika.

Pihaknya juga sengaja memilih para siswa SMP untuk diberikan penyuluhan tentang penyakit kelamin karena di masa tersebut terjadi masa reproduksi agar bisa lebih menjaga kesehatan diri untuk terhindar dari penyakit kelamin. Sementara itu,  Kepala Sekolah SMPN 4 Torjun Yasin Syafi'i menyambut baik kegiatan penyuluhan kesehatan yang digelar oleh para mahasiswa KKN 26 UTM bersama Dokter Spesialis yang bertugas di RSUD Kabupaten Sampang tersebut. "Karena hal seperti ini walaupun diluar Kegiatan Belajar Mengajar namun tetap arahnya positif bagi para siswa kami supaya bisa menjaga kesehatannya dan berkonsultasi secara gratis dengan dokter spesialis," tuturnya.


Sementara itu,  Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Indiarsa Arief L, spKK dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa materi tentang beberapa penyakit yang memang biasa terjadi di masyarakat mulai dari pencegahan dan cara mengatasinya. "Saya bersyukur dapat bertatap muka dengan warga dan siswa di Desa Bringin Nonggal Torjun dan dapat membagi ilmu serta tips tips kesehatan kepada mereka," ujarnya. Ketika sesi tanya jawab pun tak hanya para siswa, namun para ibu-ibu juga antusias menanyakan beberapa hal penyakit berkaitan dengan kulit dan kelamin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar