Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar Bringin Nonggal


Di pagi yang cerah aktivitas kami mulai dengan melakukan program di SDN Bringin Nonggal 1 dan SDN Bringin Nonggal 2. Pada hari senin tanggal 15 Juli 2019 Mahasiswa KKN 26 UTM sudah berkoordinasi dengan kedua pihak sekolah untuk mengisi beberapa kelas di sekolah yaitu kelas 4, 5 dan 6. Pada program yang sudah kami rencanakan akan diawali dengan melakukan pendekatan kepada anak-anak dengan melakukan perkenalan, beberapa salam dan jargon – jargon, selain bisa menarik perhatian anak-anak, hal ini di lakukan agar anak-anak lebih antusias mengikuti kegiatan belajar mengajar yang akan kami adakan.

Kegiatan belajar dan bermain bersama yang akan kami lakukan di 2 SD yaitu di SDN Bringin Nonggal pada pagi hari yaitu mulai jam 07.00-09.30 dan selanjutnya siang hari dilakukan di SDN Bringin Nonggal 2 yaitu mulai jam 10.00-12.00.

Pada hari pertama di SDN Bringin Nonggal 1 jam 07.00-09.30 diawali dengan perkenalan pada kelas 4, 5 dan 6. Setelah melakukan perkenalan kita memberikan materi yang terlebih dahulu kita konsulkan kepada wali kelas pada setiap kelas. Materi hari pertama kita ajarkan pada kelas 4 yaitu Tematik, materi kelas 5 yang pertama kita ajarkan yaitu Matematika dan materi kelas 6 yang di ajarkan adalah Matematika. Di sela-sela memberikan materi tim KKN 26 UTM juga memberikan pertanyaan mengenai pembelajaran tersebut dan memberikan award pada siswa yang bisa menjawab pertanyaan yang telah kita berikan. Siswa sangat antusias dalam menjawab pertanyaan. Selain memberikan pertanyaan tim KKN juga memberikan ice breaking agar siswa tidak jenuh dalam proses pembelajaran. 

Setelah itu kami lanjut mengajar di SDN Bringin Nonggal 2. Sama seperti di SDN Bringin Nonggal 1 kita melakukan perkenalan dan konsultasi kepada wali kelas tentang pelajaran apa yang kita ajarkan. Dan kita juga memberikan award bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan dan ice breaking agar tidak jenuh. antusiasme yang tinggi dari siswa kedua sekolah ini terhada pengajaran yang di berikan oleh tim KKN dalam proses belajar mengajar dan bermain berlangsung sangat lancar. 

Begitu juga kegiatan dihari-hari selanjutnya di SDN Bringin Nonggal 1 dan Bringin Nonggal 2, kegiatan belajar mengajar kita berikan selama 1 minggu, yaitu pada tanggal 15 Juli 2019 sampai 25 Juli 2019. Kegiatan berjalan dengan lancar dengan urutan kegiatan yang sama pula. Antuasisme siswa siswi dan guru guru yang juga ikut membantu saat dikelas, membuat kegiatan belajar dan bermain berjalan tertib dan efektif. Menurut kepala sekolah SDN Bringin Nonggal 1 Pak Imam Ghozali “minat baca disekolah sangat rendah, semoga dengan adanya kegiatan ini siswa siswi dapat terbantu dengan adanya pengajaran yang akan kalian berikan dan mereka dapat mendapatkan ilmu yang dapat bermanfaat dan semakin bersemangat untuk menuntut ilmu.”

Kenang - kenangan dari KKN 26 UTM 2019 untuk SDN Bringin Nonggal 1 dan 2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar