Sosialisasi KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) KKN 86 UTM Disambut Antusias Warga Desa Bringin Nonggal


              KKN 86 Trunojoyo Madura menyelengarakan sosialisasi KRPL kepada warga Desa Bringin Nonggal, khususnya ibu-ibu. Kegiatan ini dimaksudkan agar masyarakat di desa ini dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya untuk dijadikan kawasan pertanian skala rumah tangga. Melihat dari potensi lahan pekarangan yang belum termanfaatkan di desa tersebut. KRPL sendiri merupakan salah satu program pemerintah yang menekankan kepada upaya pemenuhan kebutuhan pangan sakala rumah tangga untuk terwujudnya kemandirian pangan, ketahanan pangan dan diversifikasi pangan melalui lahan pekarangan. Dengan adanya KRPL ini diharapkan dapat meningkatan kesejahteraan dan pemenuhan gizi masyarakat. Sosialiasasi ini dilakukan di kediaman Bapak Klebun Rouf Efendi pada tanggal 1 Agustus 2018, tepatnya jam 10.00 WIB.
            Pihak penyelenggara kegiatan ini mengadakan kerjasama dengan BPP (Balai Penyuluhan Pertanian Torjun). Kerjasama dimaksudkan untuk lebih menekankan penyampaian pentingnya penerapan KRPL. Sosialisasi dilakukan langsung oleh Bu eva selaku penyuluh distrik Bringin Nonggal dibantu dengan penanggung jawab kegiatan ini. Penyampaian pentingnya KRPL disampaikan melalui vidio inspirasi suksesnya penerapan KRPL serta pendekatan masyarakat menggunakan bahasa Madura. Dalam penyampaiannya, mereka lebih menekankan pentingnya pemanfaatan lahan pekarangan untuk pemenuhan kebutuhan pangan skala rumah tangga.
            Penyuluh distrik Bringin Nonggal sekaligus pihak BPP torjun mengapresiasi kegiatan ini dan mendukung penuh untuk keberlanjutannya. “Yang terpenting dalam keberlanjutan kegiatan ini adalah bagaimana caranya agar masyarakat mau menerapkan program KRPL ini. Perlu dilakukan pendekatan kepada masyarakat untuk menumbuhkan semangat dan keinginan untuk melakukannya” Ungkap Koordinator BPP Torjun. Selain penyampaian KRPL melalui vidio, dilakukan juga praktik pembuatan media tanam dengan perbandingan yang tepat serta percontohan persemaian benih. Selama kegiatan berlangsung masyarakat terlihat antusias dan semangat untuk menerpakan KRPL. Kebanyakan mereka tertarik dengan budidaya sawi yang belum pernah diketahui, dibandingkan dengan cabai, tomat dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar