Memberikan Les Gratis untuk Siswa Sekolah Dasar



SAMPANGSebanyak 11 siswa dari SD N Bringin Nonggal 1 berada di posko KKN 86 guna mengikuti les gratis, Kamis (28/7). Pemberian les gratis ini merupakan salah satu program kerja dari kelompok KKN 86 dalam bidang literasi dengan tujuan melahirkan generasi bangsa yang pintar dan memiliki kualitas SDM yang mumpuni. Kegiatan les gratis ini tidak dibatasi waktu. Pagi, siang, dan malam, mahasiswa KKN 86 ini siap berbagi ilmunya kepada para siswa.
Dalam kegiatan ini, para siswa diajak untuk berkonsultasi mengenai kendala yang dihadapi disekolah, seperti pekerjaan rumah yang diberikan guru dan latihan-latihan soal yang sulit dipahami. Dihalaman posko KKN 86, terlihat anak-anak memiliki antusiasme yang tinggi dalam mengikuti kegiatan les gratis ini.
Bentuk program kerja ini berupa les tambahan untuk semua mata pelajaran formal yang diajarkan disekolah.  Les gratis untuk siswa sekolah dasar ini dimulai sejak 23 Juli 2018 dan diprakarsai oleh kelompok KKN 86 di desa Bringin Nonggal yang diketuai oleh M. Ahkim Al-farih. Kegiatan ini penting dilakukan untuk membantu memudahkan siswa dalam belajar dan membentuk kelompok belajar guna melatih kerjasama tim dan menumbuhkan sikap butuh akan belajar.
Belakangan ini, minat belajar para siswa sekolah dasar dirasa mulai menurun,  sedangkan sekolah dasar merupakan ujung tombak pendidikan bagi anak didik guna mengembangkan keterampilan dan kualitas diri untuk pendidikan selanjutnya. Apabila minat belajar menurun dan siswa menjadi malas untuk sekolah, besar kemungkinan dapat mengancam masa depan generasi bangsa. Maka dari itu, upaya meningkatkan minat belajar untuk para siswa sekolah dasar melalui pemberian les gratis oleh mahasiswa KKN ini dilaksanakan setiap hari selama masa KKN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar